Rabu, 06 Oktober 2010

Remaja Masjid di Lingkungan RW 14

Namanya IRMA (Ikatan Remaja Masjid Almu’minun). IRMA berdiri pada tahun 1990, awalnya pada ngumpul remaja-remaja di RW 14 di Margahayu Jaya waktu bulan Ramadhan. Perkembangan IRMA, awalnya anggotanya 10 orang, sekarang anggotanya berjumlah 25 orang. Pendirinya yaitu Bapak Tohir, salah satu warga di RW 14. Lalu kemudian Kak David, Kak Surya, Aldis, dan yang sekarang Arif Saefuddin. Yang paling lama menjabat sebagai ketua adalah Arif karena tidak ada penggantinya. Kegiatan yang pernah dilakuin yaitu baksos di salah satu yayasan yang ad di daerah Bekasi, Rihlah (survival), Pesantern Kilat, JELMA, S5G (Silaturahmi 5 Generasi), dan sebagainya. Struktur keanggotannya:

Ketua : Arif Saepuddin

Sekretaris : Syifa Nur Mayasari dan Ratna Komala Dewi

Bendahara : Nurul Azizah dan Sabrina Firdha Ayu

Humas : Alfi Reza dan Prabarini Putri

Kaderisasi : Hesty Handayani dan Ruri Ayu Lestari

Olahraga : Fajar Maulana, Febri Christianto, Endah Septyliani

Pergantian ketua dilakukan setiap 5 tahun sekali. IRMA paling intensif saat bulan Ramadhan, tapi di luar bulan Ramadhan tetap kumpul seperti dilakukan arisan tiap bulan, KIPAS (Kajian Islam pasca Ashar) tiap minggu ke-2 dan ke-4, dll. IRMA tiap tahun juga mengajak remaja-remaja di sekitar RW 14 untuk kaderisasi selanjutnya. Tapi yang benar-benar ingin ikut hanya sedikit saja. Namun,

Keuntungan mengikuti IRMA adalah belajar untuk berorganisasi, belajar bicara di depan forum, berani mengutarakan pendapat, bekerja sama dengan teman-teman, menambah pergaulan dengan remaja-remaja masjid lainnya di Perumahan Margahayu Jaya, dll. Hal-hal yang pernah tercapai oleh IRMA adalah juara 2 MTQ tingkat kelurahan pada tahun 2005 , juara 3 lomba cerdas cermat tingkat kelurahan, dan mengadakan S5G IRMA dari angkatan 1990 s.d 2010. Untuk 2006 keatas belum dapat penghargaan apapun. Itu juga yang datang hanya 60% saja dari 100 undangan yang disebar ke semua alumni-alumni IRMA.

Di dalam forum/rapat IRMA juga sering terjadi beda pendapat antara satu orang dengan yang lain, tapi bisa di netralkan oleh ketua dengan cara mengambil jalan tengahnya atau voting. IRMA hanya exist pada waktu bulan Raadhan saja karena semua anggota-anggotanya mempunyai aktivitas masing-masing seperti sekolah, kuliah, dan kerja. Tapi kalau ada rapat-rapat, mereka disahakan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar